Selamat Datang di Surabaya Eye Clinic

Buka : Jam kerja Senin-Sabtu pukul 08.00-21.00 dan Minggu pukul 08.00-14.00 WIB

LAYANAN OKULOPLASTIK

Pelayanan Okuloplastik (Bedah Plastik Mata) juga dikenal sebagai pelayanan Plastik dan Rekonstruksi Opthalmik, merupakan layanan sub-spesialisasi opthalmologi yang menangani kelainan kelopak mata, sistem lakrimal (air mata), orbit (struktur di sekeliling mata).

Selain untuk tujuan kosmetik, ada beberapa gangguan kelopak mata yang menimbulkan gangguan fungsional dalam penglihatan. Oleh karena itu, kami di Surabaya Eye Clinic mempunyai layanan okuloplastik (bedah plastik mata) yang profesional untuk membantu meningkatkan kualitas hidup para penderita.

Dokter spesialis mata di Surabaya Eye Clinic yang mendalami bidang okuloplastik ialah : Prof dr Rowena Ghazali Hoesin,SpM(K), Dr Harijo Wahyudi,SpM(K) dan Dr Ratna Muslimah,SpM

Contoh kasus-kasus okuloplastik yang kami tangani di Surabaya Eye Clinic

  1. Ptosis

Tampilan ‘lelah’ disebabkan oleh kelopak mata atas turun dapat diperbaiki dengan operasi. 

Apa itu Ptosis?

Ptosis adalah istilah medis untuk turunnya kelopak mata bagian atas. Kondisi ini dapat mempengaruhi satu atau kedua mata. Ketika ujung kelopak mata atas turun, bagian atas daerah pandangan anda mungkin menjadi terhalang.


Ptosis

2. Mata Berair

Mata berair dan produksi air mata berlebih dapat disebabkan oleh penyumbatan saluran air mata.

Apa itu Gangguan Mata Berair
Air mata diproduksi secara terus menerus oleh kelenjar lakrimal yang berlokasi di bawah kelopak mata bawah. Air mata sangat penting karena melapisi permukaan depan mata dengan lapisan transparan tipis dan mencegah mata menjadi kering. Biasanya, air mata dengan cepat mengalir keluar dari mata melalui sistem saluran kompleks yang berawal dari sudut terdalam kelopak mata ke hidung. Sistem saluran kompleks ini disebut sistem drainase lakrimal. Jika terdapat gangguan pada ekuilibrium ini, terjadilah kondisi yang disebut Kelainan Air Mata. Seringnya, gangguan pada sistem drainase lakrimal adalah penyebab air mata berlebihan.


Infeksi pada kantung dan saluran air mata (lakrimalis)

3. Entropion

Apakah bulu mata atau kelopak mata anda melipat ke dalam dan mengakibatkan iritasi mata? Masalahnya mungkin kelopak mata terbalik (Entropion) – kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan mata, peradangan dan infeksi.

Apa itu Entropion?

Entropion adalah kondisi dimana pinggiran kelopak mata melipat ke dalam mata. Sebagai akibatnya, bulu mata terus menerus bergesekan dengan kornea (bagian depan transparan mata) dan konjungtiva (membran yang melapisi mata), kadang merusak struktur bagian tersebut. Pada umumnya entropion terjadi pada kelopak mata bagian bawah.

4. Epiblepharon

Apakah mata anak anda terus menerus merah atau berair? Penyebabnya mungkin bulu mata yang melipat ke dalam – kondisi yang umum terjadi pada anak-anak Asia.

Apa itu Epiblefaron?

Epiblefaron adalah kondisi dimana bulu mata melipat ke dalam meskipun posisi kelopak mata normal. Kondisi ini biasanya terlihat pada anak dan remaja keturunan Asia. Pasien dengan kondisi ini memiliki kelainan bawaan pada lipatan kulit horisontal di dekat kelopak mata atas atau bawah. Ini menyebabkan bulu mata tumbuh kearah dalam permukaan mata. Pergesekan terus menerus antara bulu mata dengan kornea dapat menyebabkan iritasi kornea dan mata merah. Pada beberapa kasus, kornea bahkan menjadi tergores dan luka.

Bulu mata atas dan bawah menyentuh kornea   

Bulu mata bergesekan dengan kornea 
menyentuh kornea mengakibatkan goresan luka

Klinik Bedah Plastik Mata dan Rekonstruksi di SEC ini juga melayani penyuntikan BOTOX untuk kasus-kasus Blepahrospasme dan Hemifacial Spasm (dimana kelopak mata cenderung untuk memejam secara involunter (tanpa disadari).