Selamat Datang di Surabaya Eye Clinic

Buka : Jam kerja Senin-Sabtu pukul 08.00-21.00 dan Minggu pukul 08.00-14.00 WIB

LAYANAN STRABISMUS

Dalam ilmu kedokteran mata, istilah mata juling disebut juga sebagai strabismus atau squint. Mata juling adalah keadaan kedua mata tampak tidak sejajar atau tidak tertuju pada satu obyek (posisi yang tidak sinkron pada kedua mata ini membuat pergerakan sepasang bola mata tersebut tidak harmonis). Satu mata bisa terfokus pada satu obyek, sedangkan mata yang lain dapat tampak bergulir ke dalam, keluar, keatas, atau ke bawah.

Keadaan ini bisa tampak menetap ataupun hilang timbul tergantung jenis juling yang dialami masing-masing orang. Juling dapat terjadi pada usia anak-anak ataupun dewasa, walaupun sebagian besar kasus terjadi sejak usia anak-anak. Penyebab juling sampai saat ini belum diketahui secara pasti, tetapi diduga beberapa kondisi tertentu seperti riwayat keluarga dengan juling, kelainan kacamata yang tidak

terkoreksi, prematuritas, kelainan pada system saraf pusat/ otak seperti Celebral Palsy, riwayat trauma di kepala, dan riwayat kejang pada anak dapat meningkatkan resiko terjadinya juling.

Bila tidak diatasi, strabismus dapat menyebabkan kerusakan mata lebih lanjut seperti ambliopia, tajam penglihatan yang terus memburuk hingga posisi kepala yang abnormal.

Gejala strabismus:

    Kedua mata tampak tidak sejajar/ sinkron saat melihat ke suatu benda
    Penglihatan ganda pada kondisi juling yang mendadak
    Pergerakan mata tidak simetris dan tidak harmonis
    Pada beberapa anak penderita strabismus akan memicingkan matanya atau

memiringkan leher atau kepala untuk melihat sesuatu seperti saat melihat TV, bercakap-cakap atau membaca dan lain-lain.


Terapi Strabismus

Terapi pada mata juling tergantung pada jenis kelainan dan penyebabnya. Kasus juling pada anak umumnya memiliki harapan kesembuhan yang lebih baik bila dideteksi sejak dini. Jika penyebabnya kelainan kacamata maka akan diberikan kacamata. Apabila diduga penyebabnya adalah kelainan dari fungsi otot mata maka pembedahan (operasi strabismus) yang diperlukan. Penanganan awal pada mata strabismus adalah dengan

teknik oklusi atau menutup salah satu mata yang dominan agar otak memaksa untuk menggunakan mata yang lebih sering tampak juling. Diharapkan teknik ini dapat memperbaiki kondisi penglihatan. Setelah didapatkan fungsi penglihatan yang sama baik maka tindakan pembedahan dapat dilakukan agar posisi mata kembali sejajar.

Operasi strabismus umumnya dilakukan dengan bius umum, terutama pada anak-anak. Setelah pembedahan, kacamata mungkin masih diperlukan. Pada beberapa kasus, pembedahan lebih dari satu kali mungkin diperlukan untuk menjaga mata tetap lurus. Segera konsultasikan pada tim dokter mata anak di Surabaya Eye Clinic mengenai terapi strabismus. Tim dokter kami akan dengan senang hati membantu menjelaskan tentang kondisi juling ini.