Selamat Datang di Surabaya Eye Clinic, Surabaya Eye Clinic juga bisa dihubungi melalui 082143717979

Buka : Jam kerja Senin-Sabtu pukul 08.00-21.00 dan Minggu pukul 08.00-14.00 WIB

Strabismus atau mata juling

Strabismus juga dikenal dengan sebutan mata juling. Ciri-ciri mata juling akan nampak bila kedua mata tidak tertuju pada satu obyek sehingga satu mata lurus ke depan dan mata lainnya menyimpang dari posisi yang seharusnya. Keadaan ini bukan hanya terjadi pada anak-anak namun dapat ditemukan pada berbagai usia, baik pria dan wanita. Juling bisa bersifat keturunan, namun meskipun tidak ada riwayat dalam keluarga, juling dapat terjadi.
Mata juling dapat bersifat horizontal, yaitu satu mata ke dalam atau satu mata keluar dan dapat juga bersifat vertikal yaitu satu mata lebih tinggi atau lebih rendah dari mata yang lain.

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcR7qhndiF-RqjwJ9fqxMGL0OLxZL2MWBOKtSLZaJXGfDUa0sZRd

Gambar 1. Juling ke dalam (Esotropia)

 

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRyEqADmqPB671S9cHHMn9OrGQYWxDLBRYlUpCy8nyJs_8fY6qn9w

Gambar 2. Juling ke luar (Eksotropia)

Selain itu, juling dapat bersifat konstan, yaitu tampak setiap saat atau timbul hanya pada kondisi-kondisi tertentu, seperti bila anak sedang sakit, melamun, melihat jauh atau lelah
Pada kondisi juling yang terjadi terus menerus (konstan), ada beberapa hal yang bisa terjadi:
Ambliopia atau mata malas. Bila anak menderita juling yang konstan, maka matanya yang menyimpang umumnya tidak digunakan untuk melihat dengan baik. Hal ini mengakibatkan mata tersebut mengalami penurunan tajam penglihatan (mata malas).

Penglihatan binokular yang buruk
Penglihatan binokular adalah kemampuan mata untuk melihat kedalaman (depth perception) atau tiga dimensi (3D = stereovision). Untuk mencapai kemampuan ini maka harus ada kerja sama yang harmonis antar kedua mata yang tertuju pada satu obajek yang menjadi pusat perhatian. Anak yang juling konstan tidak memiliki penglihatan binokular atau penglihatan tiga dimensi
 
Posisi Kepala Abnormal
Beberapa anak yang juling merubah posisi kepala (Abnormal head posture) agar dapat mempertahankan kedudukan kedua mata tetap lurus tertuju pada objek yang menjadi pusat perhatian. Misalnya kepala miring atau memalingkan wajah (face turn/ tilt)


Terapi anak juling dibagi menjadi 2:

Bila ditemukan ambliopia atau mata malas maka harus diatasi terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan menutup mata yang lebih baik untuk memaksa anak menggunakan mata yang malas (terapi oklusi / patching). Bila tajam penglihatan pada mata yang menyimpang sudah menjadi normal, maka anak telah menggunakan kedua mata secara seimbang dan juling akan terlihat bergantian pada kedua mata.
Bila penglihatan mata yang malas telah membaik, baru dilakukan operasi juling untuk mengembalikan kedudukan bola mata. Diharapkan peluang berkembangnya penglihatan binokular juga tercapai bila julingnya ditangani sejak usia dini.

Kapan waktu yang terbaik untuk operasi juling?
Pada anak dengan juling konstan, sebaiknya operasi juling dilakukan bila penglihatan pada kedua mata telah seimbang, sehingga penglihatan binokular dapat berkembang. Pada anak dengan juling yang hilang timbul, operasi juling tidak harus dilakukan segera karena anak masih memiliki penglihatan binokular pada sebagian waktu, yaitu disaat anak tidak terlihat juling.
Pada orang dewasa, bila juling telah terjadi sedemikian lama (sejak kecil) dan tidak mungkin mendapatkan kembali penglihatan binokularnya, maka operasi dilakukan untuk tujuan meluruskan bola mata untuk kepentingan memperbaiki penampilan pasien.


Juling dan Kacamata
Sebagian juling bisa terjadi akibat adanya kelainan refraksi (plus atau minus) yang tidak dikoreksi. Dengan demikian, kacamata kadang-kadang mengurangi juling, atau menghilangkan kebutuhan akan operasi juling. Setiap anak dengan keluhan mata juling harus diperiksa kondisi mata dan kelainan refraksinya. Bila diberikan kacamata, maka kacamata harus dipakai sepanjang hari untuk membantu meluruskan matanya.

 

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcST9p0_fH5txOClWpjBt6JxQnhUiNr-IoA_-MHk6K09G55Z4f6k

Bila kacamata tidak dapat menghilangkan julimg sepenuhnya maka operasi juling perlu dilakukan untuk menghilangkan juling yang belum terkoreksi.
Apabila memerlukan informasi lebih lanjut, hubungi :


Surabaya Eye Clinic
Jalan Raya Jemursari 108 Surabaya 60237
Telp  031-8495502 / 031-8433050
Fax  031-8412473
Email: contact@surabaya-eye-clinic.com
Facebook Page : Klinik Mata Surabaya
Twitter: @klinik_mata_sby

 

Kapan waktu yang tepat untuk pemeriksaan mata

02 Jun , 2016

Pemeriksaan mata s...

Bintitan ? Bagaimana mengatasinya

02 Jun , 2016

Bintitan atau isti...

Diabetik Retinopati

02 Jun , 2016

Teman-teman&hellip...